Senin, 14 Juli 2014

Nggak mencoba = GAGAL

Kapan yak terakir nulis di blog. Kapan yak terakhir berangkat kuliah, Kapan yak terakhir ngerjain tugas. Sumpah udah lupa semua!!!. Kalau ada waktu baca cerita kecil dari makhluk yang kuliah di semester akhir. do'ain cepet lulus yak.

Di akhir semester kuliahku udah mulai berantakan, udah jarang kuliah, jarang ngerjain tugas, jarang mandi. (ok yang satu itu udah dari dulu). mungkin gara2 malas, emang malas ini adalah musuh paling bersahabat sama mahasiswa tingkat akhir.

Dan dampak yang paling kerasa sih mulai dari koplain dari ibuku, "kenapa nilai mulai turun?". padahal udah diumpetin tuh nilai semesteran. Ternyata tanpa sepengatahuanku kampus itu selalu ngirim nilai semesteran ke rumah. padahal kalo nilai jelek salah siapa? ya dosen lah. ngapain ngasih nilai jelek. (mulai cari-cari alesan)

Nah dari itu aku harus cari kesibukan biar bisa dapet alesan kalau nilaiku menurun. (Okelah bukan menurun tapi Jelek). Dan udah banyak temen kelas udah pada buka usaha ini itu. dan aku mulai memutar otak usaha apa yang kira2 laku tapi saingannya dikit. dan singkat cerita dapetlah jualan topi sablon. disinilah aku dapet berbagai alasan kalau nilaiku jelek. simak nih alasannya, sapa tau bisa buat contoh;
1. "Ya kan aku juga cari uang saku sendiri kan buk jualan topi, jadi maklum kalo kuliahnya keteteran"
2. "Maklum lah buk kalo gak berangkat kuliah harus nganter topi ke jalur gaza"
3. "Buk minta uangnya buat maketin BB biar bisa jualan online"


Berawal dari cuma mau cari alasan ke orang tua kalau nilai keteteran cerita ini bermula. (backsound jeng.. jeng.. jeng... jeng...)
Sekarang kan lagi ngetren tuh topi yang depannya bisa disablon tulisan semaunya. aku udah lama pengen beli, tapi mau dikata apa harga 90rb. jujur aku buat beli topi dengan harga segitu harus nabung 2 bulan kayaknya. bukannya sok lebay sih. tapi uang saku kuliah cuma mepet buat makan itupun 2x sehari. jadi aku cari2 topi yang sejenis tapi lebih murah. dan ternyata ada.

Akhirnya kebeli tuh 1 topi dengan pengorbanan tiap hari cuma makan nasi telor di warung. dengan bermodal hp android punya temen dan seperangkat keneksinya aku ajakin aja. ya gimana hp ku cuma bisa buat sms doang. telp aja gak bisa speakernya mati. masih inget banget waktu itu malam hari pukul setengah tujuh sambil nonton  on the spot di kontrakan temen mulai mikirin namanya apa. singkat cerita dapet nama @HatSaid_YK. dan dibuatlah akunnya dan langsung aku upload foto topiku tadi dan langsung aku cari2 folower dari temen2 deket dulu. dan ternyata ada yang minat tapi ya gitu masih temen sendiri ternyata dia gak mau langsung beli dia mau liat barang sablonnya kaya apa dulu. ya karna pelanggan pertama aku semangat2 aja dan sore harinya dia lihat dan jeng... jeng.. gak jadi beli soalnya sablonnya gak seperti yang dia harapkan.

Dari situ gak yakin sih mau lanjut apa enggak. tapi ya gak ada ruginya juga kalo nyoba. karena merasa gagal dar tweeter aku mulai menjamah anak2 dari kampungku buat beli topinya. ya tapi gitu lah karna kampungku sama jogja daya belinya beda bukannya dibeli malah ditawar terus. akhirnya aku kumpulin beberapa orang yang mau beli dari kampungku dan hanya ngambil untung dikit tapi kan ada lumayan banyak tuh yang beli jadi lumayan lah bisa buat traktir gebetan di kampus. akhirnya kejual tu beberapa topi.

Tapi masalah dateng lagi. kan gak mungkin tuh semua anak kampung beli semua dan akhirnya habis deh anak2 yang mau beli topinya. rasanya mentok otakku mau dijual kemana lagi. tapi tuhan selalu memberikan ide. aku buka lagi aja twitter dan mulai folow orang2 dan dari 2ribu orang yang aku folow ada juga yang beli. dan sengaja atau gak semua yang beli berdomisili di jogja. karena di jogja jadi bayarnya pas udah jadi biar sekalian dan gak ribet. awalnya sih lancar2 aja tuh pada tertib bayar. tapi ada sekali pas topi udah jadi ehh kontak bbm nya ilang gak tau kemana. yauda topi jadi nganggur. gak tau kenapa kaya ada pikiran "gak sedekah sih hen jadi kek gitu kan". maybe yes!!! tapi yauda lah mau gimana lagi orangnya gak jadi beli padahal udah jadi tu topi.

Dan setelah berjalan sebulan lebih akhirnya kekumpul lumayan juga duitnya dan akhirmya bisa kebeli HP yang ada BBM nya.. yuuuhuuuuu tapi ya itu HP yang cuma bisa sms dijual soalnya duitnya kurang. tapi kan belum bisa maketin BBM jadi aku tiap pulang kuliah pasti mampir ke basemen buat cari sinya WiFi buat balesin orang yang beli topi. ya gitulah hidup dibikin asik aja dibasemen banyak yang bening kok. banyak cewek sama botol aqua kosong

Tapi ternyata berbisnis online itu kepercayaan. walaupun cuma nanya terus ya gak tau juga kan mau beli apa gak, tapi ya ladenin aja. sapa tau beli. kan lumayan. modal chating dapet duit. dari beberapa jenis orang yang beli online itu ada beberapa sifat.
yang Pertama ini yang paling langka, enak ini orangnya dia cuma bilang. mas harganya 50 ya? aku pesen dong 1 aku kirim gambar ya! | ok silahkan | mengirim gambar... nomer rekeningnya berapa sama ongkir ke surabaya berapa | (tinggal dijawab lancar deh)
yang Kedua type sekali tanya. dia cuma tanya sekali. Bang harganya berapa? | 50rb.
udah habis itu gak ada balesan sampe 2 bulan kemudian. cuma menuhin contact sama menuhin recent update sedang mendengarkan Kangen Band - Yolanda. sedang mendengarkan Kangen Band - Doy
yang Kedua ngasih pertanyaan yang gak perlu dijawab. Mas itu topi jaring ya? | iya bang mau pesen? | iya nih tapi nanya2 dulu ya? | ok siapp | Topi jaringnya bahannya apa? | Ya topi sama jaring bang (harus jawab gimana coba kalo kaya gitu)

 Alhamdulliah sih ada aja yang beli topi walaupun selalu ada ketakutan kalau udah abis setok kepala orang buat makek topi. walaupun ada aja custemen yang rewel ada yang banyak tanya tanpa beli. ada yang cuma PHP tapi aku seneng ngejalani usaha kecil ini. sampai bisa beli barang yang mungkin gak bakal kebeli pake duit sendiri waktu masih bergelar MAHASISWA. tapi yakin aja Allah gak tidur, Allah akan memberi jalan. Tapi kita yang menentukan lewat jalan mana. mungkin ini baru gang pertama kehidupan yang harus dijalani.

Terimakasih Tuhan telah memberikan akal dan kesempatan memutar otak di kehidupan nyata tanpa harus memakai nilai IPK.

Terimakasih udah baca... Tunggu aku cerita lagi yak. Wasalam... \o/

0 komentar:

Posting Komentar