Senin, 24 Februari 2014

Gak Semua Hal Harus Dipelajari

Beberapa waktu lalu temen ku yang ngeluh kalo laptopnya lemot banget, katanya sih keseringan buat muter video 3gp. bukan masalah seringnya sih, tapi kalo abis muter video pasti lupa matiin laptop soalnya abis muter video 3gp langsung lemes terus tidur, laptopnya nyala terus sampe bangun tidur, mingkin itu yang bikin laptopnya jadi lemot. Yauda karena aku gak mau denger ocehan dari temenku tadi aku bilang aja

“yauda ngapain ngoceh terus mending diinstal ulang aja” jawabku sambil copy video dari laptop tadi

“kamu kan dari jurusan computer yauda kamu aja yang istal ulang ya daripada keluar duit buat install ulang” dengan pasang muka berharap gratisan

"Bukannya aku gak mau tapi emang aku gak bisa install ulang”

“BUSETTTTT kamu kan datri jurusan computer masa gak bisa install ulang computer niat kuliah gak sih sebenernya??” 

“sebenernya bukannya gak belajar aku cuma mau ngasih rejeki aja buat yang nginstal ulang” jawabku dengan nada pelan

“ahh.. alesan aja jurusan computer ya harusnya bisa install ulang masa gak bisa”.

Sebenernya rada sendih dan tersinggung juga kalo dikatain kaya gitu tapi gimana lagi kan emang belum bisa. Belum bisa loh ya bukan gak bisa.

Tapi emang sampe masuk semester 6 ini aku emang gak yakin kalo bisa install ulang kalo Cuma install pes mah bisa lah, pernah sih install ulang berdua sama temenku itupun aku Cuma ngeliatin temen ku temenku juga Cuma ngeliatin gambar jarum pasir muter-muter. Dan pas install ulang itu aku malah rugi, banyak aplikasi sama file-file malah yang ilang apalagi file skripsi yang 80giga nyeseg kalo inget itu, niatnya sih mau ngirit malah jadi tambah duit. Udah waktunya kebuang, harus traktir temen makan dah gitu nambah lagi tapi malah laptop gak beres. Mending bayar tapi bener-bener kelar semuanya.


Kalo menurutku sih gak usah maruk-maruk kalo mau jadi orang, kalo gak yakin bisa yauda lah mending bayar aja ngapain juga dipaksain. Tapi ada kata orang “kalo mau belajar itu harus berani rusak”. Iya yang rusak laptopku yang belajar elu.


Aku sih lebih mementingkan handal dalam 1 bidang daripada semua rata tapi gak yakin bisa. Tukang ojek aja yang diapalin jalan itu-itu doang kan tapi bisa makan kenyang. Gak mungkin juga kan ngapalin jalan seluruh Indonesia. Jangankan Indonesia se-kecamatan aja paling udah nyasar.

tapi biasanya orang tetep aja ngotot “ tapi instal ulang itu pelajaran paling dasar jurusan computer, masak gak bisa sih!!!”

eh aku kasih tau ya saking dasarnya ilmu install ulang itu sampe-sampe gak diajarin di kuliah. Kita disuruh cari caranya sendiri, aku sih ogah mending pelajari apa yang ada dulu. Ya mungkin kapan-kapan boleh lah dipelajari tapi kan gak harus sekarang dan tau.

karna pelajaran kuliah itu sekali meleng yauda ga bisa sama sekali. Kaya belajar berhitung kalo pas 1+1 aja gak merhatiin, terus udah masuk 1X1 ya jadi tambah bingung. Mending fokus dulu karena pendidikan di Indonesia ini semuanya dijejelin.

Contoh aja aku paling males dan gak bisa belajar bahasa inggris. Tapi di jurusan computer masih ada aja pelajaran ini. Kata dosen ku apa “ya kalo besok go internasional kan bisa lancar bahasa inggris”. Iya kalo aku kerjanya di inggirs kalo dicina atasanku gak bisa bahasa inggris bisanya malah bahasa Indonesia. Nah kalo aku keseringan bahasa inggris jadi udah lupa bahasa Indonesia gimana. Yauda lah gak usah dipelajari semua sebenernya masih ada translator juga kan (bener gak sih orang yang nerjemahin itu pokoknya)

Aku punya alasan tersendiri kenapa gak harus semuanya itu dipelajari. Jadi gini kalo seluruh jurusan computer bisa install ulang, pasti tukang install ulang pasti jadi sepi dong. Dan rata-rata jurusan computer terus buka usaha computer pas nawarin sama temennya

“eh kalo mau install ulang ke tempatku aja lah harga temen bisa lah”
“lha ngapain harus install ke orang aku juga aja bisa, ini aku malah buka les-les an belajar install ulang”
“yang ikut les-les an sapa aja tuh”
“kebanyakan sih mahasiswa jurusan computer yang gak bisa install ulang”

Tapi memang gak ada juga yang menyarankan juga tidak harus bisa install ulang tapi kalo sebagai mahasiswa tetep harus punya, sampe pernah ada tugas individu pas semester 5 disuruh menceritakan apapun usaha yang berhubungan dengan computer dan komunikasi usaha yang berhubungan dengan computer apapun jenisnya, halal boleh haram juga boleh, mau judi bola yang jelas dosa atau judi bola syariah yang ga tau dosa atau gak juga boleh.

  • Sampe ada yang bercerita tentang jual jasa design web di internet
  • Ada yang bererita jual baju bola di internet
  • Dan ada juga yang Cuma jadi reseler penjual baju bola.
  • Ada lagi reseler reselernya baju bola tadi.

Jadi udah lah gak semua orang computer itu bisa install ulang, penjual buku gak bisa baca tulis bisa juga kan jadi penjual buku yang penting bisa ngitung duit.

Yang penting itu bisa kerja dan hidup dari hal yang disuka. dan bisa menghidupi orang yang  disukai.

1 komentar: