Sabtu, 22 Februari 2014

Pola Hidup Mahasiswa

Kemarin pas aku kumpul-kumpul tiba-tiba aku nyeletuk "Aduh minggu-minggu ini aku pasti kebangun jam 1an malem, pengennya sih bangun pas pagi aja jam 6 atau jam 7an". Dan temenku langsung aja jawab "sholat tahajud aja lah aku aja yang pengen kebangun jam 1 aja gak bisa kamu yang kebangun jam 1 malah ngeluh". Dan akunya malah enteng jawab "tapi aku aja sholat aja masi bolong-bolong disuruh sholat tahajud". Dan temenku dengan bijak bilang "gpp sholat aja kalo gak bisa bacaannya baca bismillah aja udah sah kok"
Dari perkataan temen ku tadi aku kemarin bikin badanku merinding, gimana gak segitu mudahnya kelonggaran agama yang aku peluk tapi malah memanfaatkan kelonggaran dari agama yang aku peluk tadi dengan menyepelekannya dan memilih mending tidur nurutin kemauan badan. 



Soalnya beberapa minggu lalu aku kena Insomnia dan itu adalah minggu-minggu pertama aku mulai sembuh dari insomnia dan memulai untuk merubah pola hidup sehat biar gak melek malem terus-terusan dan biar bisa tidur 8 jam sehari. Padahal dulu aku selalu melek sampe subuh dan kalo udah subuh bukannya sholat malah langsung tidur. Kayak adzan subuh bukan panggilan sholat tapi malah kaya pengingat kalo adzan subuh itu tanda buat aku tidur.

Saya tidak nyuruh untuk tidak sholat tahajud sih dan lebih memilih tidur dengan normal yaitu 8jam sehari, tapi sholat tahajid itu malah membuat badan insyaallah akan terasa lebih seger. Soalnya apasih arti dari 10 menit sholat daripada nurutin kemauan badan buat tidur. Karna kehidupan itu harus selalu butuh keseimbangan gak bisa terlalu memberatkan duniwi atau terlalu rajin dengan masalah religi. Waduh kayaknya tingkat kebijakkanku naik 2 tingkat.

Ya tapi sekarang juga gak bisa tutup mata juga, mahasiswaitu kebanyakan kehidupannya di malam hari walaupun Cuma online gak jelas. Karena mahasiswa itu betah kalo disuruh melek berjam-jam didepan komputer. Nah ini aku ngetik aja jam 12 malem tapi buat ke WC ngambil air wudhu aja beratnya minta ampun. Berfikir juga sih kapan sih aku mau rajin beribadah, tapi malah "ahh besok-besok rajin sholatnya, besok aja ahh sholat tahajudnya." tapi  gak tau kapan akan mulai rajin ibadah. Mungkin badanku ada jin nya kali ya. Gak tau juga. 

Tapi sebenernya ini kayaknya Cuma masalah kebiasaan. Kalo udah terbiasa sholat ya pasti akan biasa aja. Tapi memulai hal itu yang sangat sulit. Tapi hal sulit akan mudah kalo udah terbiasa. Dan aku ngomong kayak gini aja kayaknya gak biasanya sih. tapi aku coba untuk membiasakannya. Bingung gak tuh 
SULIT Cuma kata itu yang selalu berputar-putar dipikiranku. Gimana cara membuat ini menjadi mudah ya membiasakan diri aja. Kayaknya gampang kan tapi coba deh memulai. Carilah sesuatu agar bisa menggugah batin kalian masing-masing 

Sampe suatu hari aku liat MEME comic yang bertuliskan "Dipikir Karo Mlaku" (Dipikir Sambil Jalan) kayaknya kata yang bayak dianggap angin lalu, tapi saya coba membuka pikiran.. ternyata ini kalimat sebenernya maknanya gede banget. Segede tetek nikita

Menurut sudut pandangku kata itu berarti sesuatu hal itu bukan untuk dipikir tapi dilakukan dan kalo ada hal-hal yang mengganggu yauda yang penting udah dijalanin baru dipikir, karena kalo cuma mikir kapan aku akan beribadah kapan aku akan mulai untuk rajin sholat ya waktunya akan terbuang buat mikirin hal tersebut, coba kalo udah dijalanin ya semua udah terjadi gak ada waktu buat mikirin malah kita udah terbiasa ngelakuin kegiatan itu. 

Dan sebenernya aku nulis ini juga udah salah ngapain aku nulis mending jalanin aja gak usah dipikirin daripada mikirin tulisanku sendiri

Dan kalian ngapain masih baca tulisan ini mending jalanin apa yang akan kalian mau aja, ngapain masih baca tulisanku.

Ya udah masih nunggu apa lagi

Ya udah

Udah

Talk less do more

Yauda tulis aja komentar kalian dan lakuin apa yang harus dilakuin bukan memikirkan hal yang seharusnya gak penting buat dilakuin.. 

Waduh kayaknya tingkat kebijakkanku naik 2 tingkat.

Selamat Menjalani Hidup bukan Memikirkan Hidup V(^_^)V . 

0 komentar:

Posting Komentar