Rabu, 01 Januari 2014

Napak Tilas Standupindojgj 2013




*ditulis oleh Nanda Nuraziz (@nandanuraziz) 

Diawali pada pertengahan tahun 2011, stand up comedy menawarkan sebuah alternatif hiburan komedi yang sangat jarang dinikmati masyarakat, khususnya masyarakat Jogja. Dan tepatnya pada 20 Juli 2011, sebuah komunitas yang menamakan dirinya STAND UP INDO JOGJA (@standupindojgj), mengawali pergerakan kesenian komedi tunggal ini. Perkembangan – perkembangan telah banyak dilalui komunitas standup indo jogja. Hormat kami kepada mas Anang Batas, Awangizm dan AlitAlit Jabang Bayi dengan #SELOsoSELO-nya dan pelopor komika Jogja lainnya, antara lain Abraham TS, Gigih Adiguna, Denny Nyamin, Yusriel Fahriza, Benedictus Siregar, Sigit Haryo Seno, Bene Dion, Radit Vent dan sederet nama lainnya. Hingga sampailah STANDUP INDO JOGJA pada tahun ketiga  dalam upaya mengusung genre komedi tunggal bernama Stand up Comedy di kota Jogjakarta.

Namun kemampuan tanpa kekuatan tidaklah berarti apa – apa. Memasuki tahun 2013, tidak hanya menelurkan komika – komika dengan segudang prestasi dan pencapaian yang membanggakan, namun juga secara mengagumkan mampu meninggalkan catatan-catatan yang tidak terlupakan dan mengharukan dari karya-karya seni pertunjukan standup comedy hasil kreasi dan kreatifitas para komika jogja dan para kreatornya. (ini aja saya nulis sambil nangis, lebay kan.. bodo ah. Yuk lanjut ).

Dari Semua catatan karya-karya yang sudah pernah ditorehkan oleh para komika Jogja selama perjalan STANDUP INDO JOGJA di tahun 2013, para penikmat setia stand up comedy di Jogja dan para follower @standupindojgj-lah yang menjadi roh dan kekuatan utama bagi semua karya seni pertunjukan stand up comedy dan berkat dukungan setia merekalah STANDUP INDO JOGJA mampu melewati tahun 2013 dengan sangat memuaskan. Dan membuat komunitas ini tercatat dalam sejarah perkembangan seni komedi di Jogja. Tanpa pendukung setia dan follower, kami para komika hanyalah sinetron tanpa backsound, sepi. Dan bagaikan remote tv tanpa batrei, tapi asal tivinya ada tombol chanel ama volume sih ngga papa deng. Atau seperti mie ayam tanpa kuah, seret. Atau ibarat…. ah sudahlah. Yang jelas kami  para komika bukanlah siapa-siapa tanpa keberadaan pendukung, penikmat setia dan para follower @standupindojgj.

Kami ingin membagi catatan singkat karya – karya seni pertunjukan stand up comedy yang memberikan banyak hal untuk diingat dan tentunya membuat kami tidak henti-hentinya berterimakasih kepada seluruh pendukung setia STANDUP INDO JOGJA selama tahun 2013. Dan berikut ini adalah tujuh event Stand up Comedy di Jogja yang sekaligus menjadi stimulus bagi karya – karya standup comedy lainnya di tahun 2013. (Bukan versi On The Spot ya -_-‘).
·                 #NdesoMustGoOn , April 2013

Sebuah pertunjukan stand up comedy yang mengusung lima komika jogja (@nandanuraziz, @chandra__oreo, @okkyglenn, @gigihadiguna, @muktientut) yang berkolaborasi dengan seorang comedian senior bergelar Raja Plesetan mas @anang_batas ini membuat gedung convention hall UIN Sunan Kalijaga yang berkapasitas 299 kursi terisi,.ya walopun ngga penuh sih, hohoho. Show ini terinspirasi dari karya-karya komika local sebelumnya di tahun 2012 yaitu “Serigala Mencari Jodoh” oleh Sigit Haryo Seno a.k.a @oomimot, #AkuIkiComicWaton oleh @Gigihadiguna, dan #AjaNontonAku season 1 oleh para komika @StandupUNY. Dan #NdesoMustGoOn secara impresif mampu mengawali pertunjukan standup comedy dengan spirit local movement di tahun 2013.

·                 #4me4u (Four me Four you) , Mei 2013

Ini adalah sebuah hajatan memperingati hari kelahiran comedian senior bergelar Raja Plesetan mas Anang Batas yang ke-44. Itulah sebabnya nama acara ini memanfaatkan keunikan angka 44 yang merupakan usia mas Anang batas saat itu. Yang juga luar biasa yaitu, 44 adalah jumlah komika yang melakukan parade open mic dengan tampil secara estafet di acara tersebut. Dan yang unik, Arie Kriting (Juara 3 SUCI Kompas TV Season 3) juga sengaja hadir untuk ikut meramaikan acara #4me4u. Namun lagi-lagi yang menjadi kekuatan pada acara malam itu adalah para penonton yang sengaja hadir untuk menyaksikkan hajatan besar mas Aanang Batas dan bertahan hingga penampilan komika terakhir yang selanjutnya ditutup penampilan yang atraktif dari Orkes Pensil Alis.

·                 #INSECURE, Juni 2013

Satu lagi, sebuah event stand up comedy yang digagas lima komika kebanggan kota Jogja (@nuelandreas, @Yusrielize, @DennyNyamin, @Hifdzikhoir, @Benidictivity) ikut serta menorehkan catatan pergerakan local movement of Standup Comedy Show di Jogja. Bertempat di Auditorium FIB UGM, mereka berlima menyuguhkan performa terbaik mereka dan memberikan kesan dan respon yang luar biasa dari para penonton yang datang untuk menyaksikan aksi mereka diatas panggung. Yang mengagumkan bagi kami adalah pertunjukan ini digelar di hari dimana ada hajatan event music yang cukup bergengsi kala itu (SOUNDRENALIN 2013). Acara itu tentunya akan menyedot banyak masa khususnya dari kalangna anak muda yang pada saat itu juga menjadi target audiens #INSECURE. Namun dengan semangat berkarya dan optimisme yang tidak terbendung, kelima anak muda yang benar-benar insecure ini mampu mencapai target audiens seperti ekspektasi mereka. Angkat topi untuk kalian wahai pemuda #INSECURE.
·                 Festival Kesenian Yogyakarta (FKY), Juli 2013

Kami mungkin kurang begitu berkompeten untuk membicarakan tentang hajatan kesenian ini. Namun kurang lebih FKY adalah event tahunan yang diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap seni budaya Jogja yang tidak bias dihentikan perkembangannya. Beruntungnya, rekan-rekan komika STANDUP INDO JOGJA mendapat kebanggaan tersendiri ketika mendapat kesematan untuk bisa meramaikan panggung outdodr yang sangat bergengsi FKY malam itu. Dihadapan kurang lebih 600 penonton malam itu, dua belas komika STANDUP INDO JOGJA menyuguhkan perfoma terbaiknya. Yang menjadi catatan kebanggaan kami adalah 600an penonton malam itu tidak semuanya mengetahui akan ada penampilan stand up comedy. Namun ketika disuguhkan pertunjukan stand up comedy dengan dua belas komika yang tampil secara estafet, penonton tidak beranjak hingga penampilan komika terakhir. Bagi kami, malam itu adalah malam pembuktian komunitas STANDUP INDO JOGJA. Moment yang membuktikan bahwa stand up comedy ada dan berkembang di JOGJA. Terima kasih FKY 2013.
·                 Tribute to #SELOsoSELO, September 2013

#SELOsoSELO adalah sebuah acara mingguan yang digelar di Geronimo café yang berkontribusi sangat besar akan lahirnya para pelopor komika Jogja di pertengahan 2011. Dengan kekocakan tiga MC fenomenal mas Anang Batas, Awangizm, dan Alitalit Jabang Bayi, #SELOsoSELO menjadi roh awal lahirnya para pelopor komika Jogja dan komunitas STANDUP INDO JOGJA. Namun di pertengahan 2012 hingga memasuki 2013 #SELOsoSELO mengalami kefakuman. Berangkat dari kerinduan akan aksi kocak MC 3A (Anang,Awang,Alit), ditahun 2013 dibuatlah sebuah hajatan Tribute to #SELOsoSELO yang mampu menarik masa dan penikmat setia stand up comedy di Jogja yang memadati Jogjatirium malam itu. Baik dari kalangan penikmat lama hingga yang belum mengetahui apa itu #SELOsoSELO. Namun malam itu di Jogjatorium, MC 3A(Anang,Awang,Alit) tidak hanya menghibur namun juga mampu memberikan wawasan bahwa #SELOsoSELO adalah juga merupakan akar semangat bertahannya stand up comedy di Jogja. Dan malam itu juga dimeriahkan penampilan Open Mic para komika STANDUP INDO JOGJA.
·                “LOCAL HEROES” , Oktober 2013

Ada banyak komika yang lahir, berkembang, dan mencapai prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Nama – nama seperti @oomimot (Sigit Haryo Seno), @Bene_dion (Bene Dionisyus Rajaguguk), @nuelandereas (Imannuel Andreas), @Radit_Vent, dan @Hifdzikhoir adalah para komika dan seniman komedi yang dianggap telah membunyikan dan mengharumkan nama Jogjakarta lewat karir mereka di dunia Stand up Comedy di Indonesia. Kontribusi mereka terhadap kelahiran, perkembangan dan kemajuan komunitas STANDUP INDO JOGJA pantas mendapatkan apresiasi yang setinggi-tingginya. Rasa bangga dan salut kami terhadap kinerja mereka adalah landasan untuk membuat sebuah hajatan akbar bertajuk “LOCAL HEROES”. Bukan karena mereka telah berjuang di perang kemerdekaan atau bertumpah darah dalam peperangan, namun kontribusi mereka mengusung nama Jogja sebagai salah satu kota yang menjadi tempat berkembangnya stand up comedy Indonesia kami pandang sebagai perfoma yang heroic. Stage Tari UNY dan ratusan penonton yang memadati tempat itu menjadi saksi akan aksi mereka di atas panggung. You guys are our biggest pride J

·               #FreedomOfNggambleh special akhir tahun , Desember 2013

Melalui acara rutin #FON stiap Jumat malam di djendelo koffie telah lahir banyak sekali komika berbakat. Dan 27 DESEMBER 2013, STANDUP INDO JOGJA menutup tahun dengan sangat luar biasa. Dua puluh lima komika tampil open mic secara estafet dan ditutup aksi kocak empat komika rising star (@muktientut, @benidictivity,@bene_dion,@hifdzikhoir) yang saling bertukar peran ketika perfom (Impersonting). Malam itu Djendelo koffie, terasa seperti akan rubuh dan riuh penonton yang memadati tempat itu (sampai banyak yang nonton ditangga) menjadi saksi bahwa STANDUP INDO JOGJA selalu berusaha melakukan yang terbaik memberikan suguhan  alternative hiburan komedi yang akan selalu ditunggu dan dan dirindukan. Semoga di 2014 akan terulang lagi semua moment yang akan selalu menjadi bahan obrolan yang menarik atau mngkin akan selalu dikenang dalam catatan sejarah komedi di Indonesia, khususnya di jogja.

Terima kasih kepada semua pihak atas semua kontribusi dan dedikasinya terhadap komunitas STANDUP INDO JOGJA. Dan tentunya Kepada semua komika, komunitas Standup Kampus Jogja dan seluruh pendukung, penikmat setia dan para follower @standupindojgj yang senantiasa memberikan semangat yang tidak pernah putus kepada kami. Harapan kami di 2014 Semoga dukungan dan semangat kalian tidak akan berkurang di tahun – tahun berikutnya untuk memberikan nyawa stand up comedy khusunya di kota Jogja. Salam hormat kami kepada teman – teman pendukung, penikmat setia dan para follower @standupindojgja. Tanpa kalian kami hanyalah sinetron tanpa backsound (callback dikit lah , hohoho). We love you guys.

VIVA LA KOMTUNG ….!!!


0 komentar:

Posting Komentar